Kondisi Tubuh Tanpa Organ Limpa

Kondisi Tubuh Tanpa Organ Limpa
Tindakan pembedahan terhadap organ limpa.
Melansir dari situs livescience.com terkait organ limpa. Berikut penjelasannya.

Melakukan pembedahan terhadap organ limpa, dengan tujuan untuk menghapus sebagian atau keseluruhan jaringan limpa disebut dengan splenektomi.

Menurut Knowlton, seorang ahli bedah mengatakan bahwa prosedur ini dilakukan dalam kasus-kasus, seperti: trauma; gangguan darah (idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), thalassemia, anemia hemolitik, anemia sel sabit); kanker (limfoma, penyakit Hodgkin, leukemia); hipersplenisme.

Pembedahan ini biasanya merupakan operasi laparoskopi invasif minimal, menurut Klinik Cleveland, ini berarti tindakan untuk membuat beberapa sayatan kecil dengan menggunakan alat bedah khusus dan kamera kecil untuk melakukannya. Dalam kasus-kasus tertentu, seorang ahli bedah dapat melakukan penghapusan jaringan limpa dengan sayatan besar, bila ini diperlukan.

"Kita bisa hidup tanpa limpa karena organ lain, seperti hati dan kelenjar getah bening, dapat mengambil alih fungsi organ limpa," ujar Knowlton. Namun demikian, pengangkatan organ limpa dapat menimbulkan konsekuensi serius. "Tubuh kita akan lebih berisiko mengembangkan infeksi," kata Knowlton.

Seringkali, dokter menyarankan untuk melakukan vaksinasi, termasuk vaksin pneumokokus, vaksin Haemophilus B, vaksin Meningokokus, dan vaksin flu tahunan setelah splenektomi. Penting untuk penderita menemui dokter ketika tanda awal infeksi dialami.

Mencari solusi alternatif atau pengobatan alami untuk kondisi limpa bengkak? Temukan di tautan ini Obat Limpa Bengkak Berbahan Alami

Comments